IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PESERTA DIDIK KELAS X MULTIMEDIA DI SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA
Abstract
Abstrak
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab masalah yang dihadapi pada subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Desain Grafis kelas X Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Hal ini berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian yang didapatkan nilai dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama dua siklus, bahwa dapat disimpulkan: penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari rata-rata pra tindakan dengan nilai 43,82, rata-rata siklus I dengan nilai 74,56 dan pada siklus II memperoleh nilai 91,03 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Kata kunci: Media Video, Hasil Belajar, Desain Grafis
References
Puji Riyanto. (2005). Desain Grafis Komputer. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Komputer, W. (2007:14). Menjadi Seorang Desainer Grafis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Noviana. (2018). Desain Grafis Percetakan Kompetensi Keahlian Multimedia. Surakarta: CV. Mediatama.
Setiawan, R. (2018). Dasar Desain Grafis. Surakarta: CV. Mediatama.
Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2006). Media Pengajaran. Bandung: CV. Wacana.
Sanjaya, W. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.
Diplan, & Setiawan, M. A. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Copyright (c) 2020 JTIP: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.