SKENARIO METADATA UNTUK SISTEM E-LEARNING

  • Nurindah Dwiyani Universitas Negeri Padang
Keywords: e-Learning, Metadata, XML

Abstract

Sistem e-learning harus bisa menginformasikan pengguna di luar atau di dalam area dimana sistem dioperasikan tentang objek belajar. Kesulitan dalam memasuki sistem membuat informasi sulit disebarluaskan. Konsep metadata memberikan solusi untuk akses yang lebih luas terhadap sistem e-learning. Struktur metadata tentang pembelajaran objek organisasi dalam sistem e-learning dibentuk dengan query database untuk membaca struktur dan isi objek pembelajaran, lalu yang terwakili dalam format XML. Metadata dapat didefinisikan sebagai data tentang data atau data yang menjelaskan tentang data lain. Dokumen metadata terdiri dari informasi yang menjelaskan karakteristik data termasuk data tentang, kualitas data dan kondisi data serta bagaimana mendapatkan akses terhadap data. Metadata digunakan untuk mendokumentasikan data yang dihasilkan dan menjawab pertanyaan mendasar tentang siapa, kapan, di mana, dan mengapa data dibuat. Makalah ini akan menjelaskan tentang metadata apa adanya. Lebih khusus lagi ini juga akan menjelaskan tentang bagaimana membuat metadata dan menghasilkan materi e-learning sebagai katalog pembelajaran objek, yang ditempatkan pada data repositori dan bisa diakses dengan menggunakan browser web.

Author Biography

Nurindah Dwiyani, Universitas Negeri Padang

Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik

Published
2017-04-01
How to Cite
[1]
N. Dwiyani, “SKENARIO METADATA UNTUK SISTEM E-LEARNING”, JTIP, vol. 10, no. 1, pp. 23-31, Apr. 2017.
Abstract viewed = 1282 times
PDF downloaded = 165 times