APLIKASI ARTIFICIAL INTTELEGENCE PADA PUBLIC TERRITORY ROOM BERBASIS MIKROKONTROLER (Study Kasus : Ruangan Perkuliahan UPI-YPTK Padang)

  • Ondra Eka Putra Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: Artificial Intellegence, Public Territory Room, Pattern Matching, Mikrokontroler, RFID

Abstract

 Pada penelitian ini penerapan Artificial Intelligence menggunakan metode Pattern Matching pada Public Territory Room yaitu ruangan perkuliahan UPI-YPTK Padang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dosen yang memberikan perkuliahan dapat masuk sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan untuk membuka pintu dengan menggunakan Card RFID yang dimiliki oleh masing-masing dosen, kemudian akan dibaca RFID Reader yang diproses oleh Mikrokontroler. Sehingga tidak ada pemindahan kelas dan keluar masuk mahasiswa selama perkuliahan berlangsung atau mahasiswa yang salah ruangan, karena informasi ruangan akan ditampilkan pada Dot Matrix, berupa nama dosen, nama matakuliah, waktu kuliah dan jumlah SKS matakuliah. Output yang digunakan sebagai indikator aktivasi  modul menggunakan buzzer.

Author Biography

Ondra Eka Putra, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Fakultas Ilmu Komputer

Published
2017-04-01
How to Cite
[1]
O. Putra, “APLIKASI ARTIFICIAL INTTELEGENCE PADA PUBLIC TERRITORY ROOM BERBASIS MIKROKONTROLER (Study Kasus : Ruangan Perkuliahan UPI-YPTK Padang)”, JTIP, vol. 10, no. 1, pp. 53-59, Apr. 2017.
Abstract viewed = 297 times
PDF downloaded = 256 times