SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENENTUAN PEMILIHAN GURU BERPRESTASI PADA SMKN 1 SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY (AHP) DENGAN IMPLEMENTASI BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN MYSQL

  • EKO AMRI JAYA Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang (STTIND)
Keywords: Analytic Hierarchy Process (AHP), PHP, MYSQL

Abstract

 

Penelitian ini memaparkan tentang perancangan aplikasi untuk penentuan pemilihan guru berprestasi pada SMKN 1 Sutera dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Dari penelitian yang sudah dilakukan pada SMKN 1 Sutera ini dapat disimpulkan bahwa belum pernah diadakan pemilihan guru berprestasi. Setelah dilakukan penelitian pada sekolah tersebut dengan cara mengumpulkan data-data baik berupa wawancara dan data yang diarsipkan. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yang telah dikumpulkan dengan menggunakan alat bantu perancangan sistem. Kemudian dirancang dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan juga bentuk aplikasi penentuan pemilihan guru berprestasi. Hasil dari analisis tersebut diterapkan kedalam suatu Aplikasi yang mampu mengelola tentang penentuan pemilihan guru dan hasil laporan pemilihannya dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL. Oleh karena itu, dengan sistem baru ini diharapkan dapat membantu pihak SMKN 1 Sutera dalam pengelolaan penentuan pemilihan guru berprestasi yang lebih efektif dan efisien.

Author Biography

EKO AMRI JAYA, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang (STTIND)

Sistem Informasi

References

Hakim, Lukmanul. 2014. Rahasia Inti Master PHP dan MySQLi (improved). Yogyakarta: Lokomedia

Kusrini.2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: ANDI.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain. Yogyakarta: ANDI.

Sukamto, Ariani Rosa & M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta:ANDI.

Published
2017-04-01
How to Cite
[1]
E. JAYA, “SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENENTUAN PEMILIHAN GURU BERPRESTASI PADA SMKN 1 SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY (AHP) DENGAN IMPLEMENTASI BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN MYSQL”, JTIP, vol. 10, no. 1, pp. 72-83, Apr. 2017.
Abstract viewed = 256 times
PDF downloaded = 150 times