SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING PADA STMIK INDONESIA PADANG

  • Nency Extise Putri STMIK INDONESIA PADANG
  • Firlan Firlan STMIK INDONESIA PADANG
  • Taufik Salah STMIK INDONESIA PADANG
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Mahasiswa Berprestasi, Profile Matching

Abstract

Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skills agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab. Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa melalui pembekalan secara formal dalam kurikulum pembelajaran, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Oleh karena itu, di tiap perguruan tinggi perlu melakukan identifikasi mahasiswa yang dapat melakukan keduanya dan yang terbaik perlu diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi. Masalah yang terjadi dalam proses penilaian mahasiswa berprestasi diantaranya adalah subjektifitas pengambilan keputusan, terutama jika beberapa mahasiswa yang memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Penggunaan sistem pendukung keputusan, diharapkan mengurangi subjektifitas dalam pengambilan keputusan. Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode profile matching dibuat untuk menentukan rekomendasi mahasiswa berprestasi berdasar pada 4 aspek yaitu nilai karya tulis ilmiah, kegiatan ekstrakurikuler, kemampuan bahasa inggris dan kepribadian. Hasil dari sistem pendukung keputusan ini berupa rangking dari calon mahasiswa berprestasi yang telah diseleksi, output dari aplikasi tersebut dapat membantu pengambil keputusan dalam memilih alternatif mahasiswa yang berprestasi. Software ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic.Net, dan database menggunakan Microsoft SQL Server 2008 R2.

Author Biographies

Nency Extise Putri, STMIK INDONESIA PADANG

STMIK Indonesia Padang

Firlan Firlan, STMIK INDONESIA PADANG

STMIK Indonesia Padang

Taufik Salah, STMIK INDONESIA PADANG

STMIK Indonesia Padang

Published
2018-04-14
How to Cite
[1]
N. Putri, F. Firlan, and T. Salah, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING PADA STMIK INDONESIA PADANG”, JTIP, vol. 9, no. 1, pp. 13-29, Apr. 2018.
Abstract viewed = 625 times
PDF downloaded = 461 times