ANALISA DAN PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENENTUKAN KUBIKASI AIR TERJUAL BERDASARKAN PENGELOMPOKAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan berapa kubikasi air yang terjual dari data penjualan air pelanggan untuk mendapatkan suatu informasi yang bermanfaat bagi karyawan dalam pengelompokan pelanggan berdasarkan jenisnya. Dalam mengelola data tersebut kita menggunakan metode Data Mining dengan algoritma k-means clustering. Data Mining merupakan penggalian informasi dari sejumlah data yang besar. Informasi yang dihasilkan berupa kelompok nama pelanggan yang penggunaan air nya tergolong boros, sedang dan hemat, jadi pihak PDAM Kab.50 Kota dapat mengetahui berapa banyak pelanggan yang penggunaan air nya boros sehingga nantiknya bisa di tindak lanjuti. Pengujian yang dilakukan menggunakan aplikasi RapidMiner, sehingga dapat ditentukan cluster - cluster pelanggan yang penggunaan air nya boros, sedang dan hematPenelitian ini bertujuan untuk menentukan berapa kubikasi air yang terjual dari data penjualan air pelanggan untuk mendapatkan suatu informasi yang bermanfaat bagi karyawan dalam pengelompokan pelanggan berdasarkan jenisnya. Dalam mengelola data tersebut kita menggunakan metode Data Mining dengan algoritma k-means clustering. Data Mining merupakan penggalian informasi dari sejumlah data yang besar. Informasi yang dihasilkan berupa kelompok nama pelanggan yang penggunaan air nya tergolong boros, sedang dan hemat, jadi pihak PDAM Kab.50 Kota dapat mengetahui berapa banyak pelanggan yang penggunaan air nya boros sehingga nantiknya bisa di tindak lanjuti. Pengujian yang dilakukan menggunakan aplikasi RapidMiner, sehingga dapat ditentukan cluster - cluster pelanggan yang penggunaan air nya boros, sedang dan hemat