PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MINDMAP MENGGUNAKAN SOFTWARE IMINDMAP 6

  • Dedy Irfan Universitas Negeri Padang
  • Ridwan Fadlil Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran Berbasis Mindmap, 3D, Praktikalitas, Efektivitas

Abstract

Tujuan dari pengembangan media berbasis mindmap ini adalah untuk menghasilkan media yang praktis dan efektif pada mata pelajaran sistim komputer di SMKN 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode research dan development (R dan D), dan pada metode pengembangan ini menggunakan 3D (Define, Design dan Develop). Analisa penelitian ini menggunakan analisis instrumen dan analisis product untuk menemukan praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran berbasis mindmap. Tes praktikalitas pada penelitian ini menghasilkan media yang praktis. Pernyataan ini didapat dari kuesioner untuk guru dengan persen yaitu 93,06% dan kuesioner siswa dengan persen yaitu : 86,79%.  Dari hasil tes efektifitas ini dapat dinyatakan bahwa mendia ini dapat meningkatkan hasil pembelajaran pada siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis mindmap ini adalah media yang pratis dan media yang efektif

Author Biographies

Dedy Irfan, Universitas Negeri Padang

Jurusan Teknik Elektronika - Fakultas Teknik UNP

Ridwan Fadlil, Universitas Negeri Padang

Jurusan Teknik Elektronika  - Fakultas Teknik UNP

Published
2018-04-20
How to Cite
[1]
D. Irfan and R. Fadlil, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MINDMAP MENGGUNAKAN SOFTWARE IMINDMAP 6”, JTIP, vol. 9, no. 2, pp. 1-11, Apr. 2018.
Abstract viewed = 260 times