ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA KE KAMPUS DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHI PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : KAMPUS STMIK INDONESIA PADANG)

  • Gusrino Yanto STMIK INDONESIA PADANG
Keywords: Parkir, AHP, Faktor Pemilihan Moda

Abstract

Lahan parkir di STMIK Indonesia Padang pada saat ini cukup luas, seiring dengan bertambahnya mahasiswa dari tahun ke tahun semakin meningkat mobilitas arus kendaraan pribadi ke kampus  dan mengakibatkan terbatasnya lahan parkir yang ada di STMIK Indonesia Padang, mengingat lahan kosong untuk dijadikan parkir STMIK Indonesia padang mulai menyempit.  sebelum terjadi penyempitan lahan parkir, maka sudah sewajarnya para yayasan kampus memikirkan cara mengatasi permasalahan yang akan terjadi, dengan permasalahan tersebut maka penulis berinisisatif melakukan penelitin,  peneliti melakukan penelitian dengan cara  mencari tahu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pemilhan moda ke kampus. Dalam penelitian factor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda ke kampus menggunakan metode Analitical Hierarchi Process (AHP) , adapun metode AHP adalah metode dengan menggunakan pendekatan beberapa kriteria dan alternatif adapun kriteria dari penelitian ini adalah : aman, nyaman, biaya dan waktu sedangkan alternatifnya berupa : pemilihan  moda ke kampus berupa mobil pribadi,angkutan umum, sepeda motor, dan jalan kaki. Penelitian ini melakukan penyebaran kuesioner kepada 200 sampel kepada mahasiswa secara acak, dan penyebaran kuesioner dilkaukan di lingkup STMIK Indonesia Padang,  Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa aplikasikan moda kekampus sesuai dengan yang diharapkan dan bisa membantu pihak kampus dalam mengelola lahan parkinya.

Author Biography

Gusrino Yanto, STMIK INDONESIA PADANG

Jurusan Sistem Informasi

Published
2016-04-04
How to Cite
[1]
G. Yanto, “ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA KE KAMPUS DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHI PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : KAMPUS STMIK INDONESIA PADANG)”, JTIP, vol. 9, no. 1, pp. 142-152, Apr. 2016.
Abstract viewed = 187 times
PDF downloaded = 148 times