Influence of Self-Efficacy and Affiliation Motivation on Student Learning Behavior Using Google Gemini
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan motivasi afiliasi yang dimediasi oleh perilaku belajar siswa dalam pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan, dengan fokus khusus pada Google Gemini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, yang melibatkan siswa SMK Batik 2 Surakarta sebagai subjek. Skala Likert mulai dari "Sangat Tidak Setuju" hingga "Sangat Setuju" (1-4) digunakan untuk mengumpulkan data. Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) dan Signifikansi Mediasi (Uji Sobel) digunakan untuk menguji efek tidak langsung. Efek tidak langsung ini meliputi pengaruh efikasi diri yang dimediasi oleh perilaku belajar siswa terhadap pemanfaatan Google Gemini, dan pengaruh motivasi afiliasi yang dimediasi oleh perilaku belajar siswa terhadap penggunaan Google Gemini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dan motivasi afiliasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar siswa. Meskipun demikian, korelasi antara efikasi diri, motivasi berafiliasi, dan kecerdasan buatan, seperti Google Gemini, tidaklah substansial. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi tidak semata-mata bergantung pada faktor internal, seperti kepercayaan diri dan motivasi sosial.
References
Nabila, “Jurnal Pendidikan Indonesia,” pp. 867–875, 2021.
Ana Maritsa, “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan,” vol. 18, no. 2, pp. 91–100, 2021, doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
A. C. Dewanto, “Risiko dan mitigasi penggunaan kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan,” vol. 4, no. 2018, pp. 1–10, 2023.
T. S. Peniarsih, Iswandir, “3 1 1,2”.
T. Khairunisa, “Implementation of AI Chatbot as an Interactive Learning Medium on Accounting Lessons in SMK,” vol. 9, no. 3, pp. 1414–1420, 2024.
P. Ayuningtyas and H. Oktafiandi, “Chatbot AI Platform Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa,” vol. 12, no. 1, pp. 1–6, 2024.
F. Y. Liriwati, “Transformasi Kurikulum ; Kecerdasan Buatan Untuk Membangun Pendidikan Yang Relevan di Masa Depan,” vol. 1, pp. 62–71, 2023.
M. Imran and N. Almusharraf, “Google Gemini as a next generation AI educational tool : a review of emerging educational technology,” Smart Learn. Environ., 2024, doi: 10.1186/s40561-024-00310-z.
T. R. Mcintosh, T. Susnjak, T. Liu, P. Watters, S. Member, and M. N. Halgamuge, “From Google Gemini to OpenAI Q * ( Q-Star ): A Survey of Reshaping the Generative Artificial,” vol. 1, no. 1, pp. 1–30, 2023.
I. K. Sari, “Jurnal basicedu,” vol. 5, no. 4, pp. 2156–2163, 2021.
P. Perera and M. Lankathilake, “Preparing to Revolutionize Education with the Multi-Model GenAI Tool Google Gemini ? A Journey towards Effective Policy Making,” vol. 2665, pp. 246–253, 2023, doi: 10.36348/jaep.2023.v07i08.001.
M. S. A. Latip, I. Noh, M. Tamrin, and S. N. N. A. Latip, “Students’ Acceptance for e-Learning and the Effects of Self-Efficacy in Malaysia,” Int. J. Acad. Res. Bus. Soc. Sci., vol. 10, no. 5, pp. 658–674, 2020, doi: 10.6007/ijarbss/v10-i5/7239.
S. Nurdin, A. Weski, and Y. Rahayu, “Efikasi Diri dan Motivasi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Pemasaran,” vol. 2, no. 1, pp. 85–96, 2020.
V. Miranda, “Self-Efficiency And Achievement Motivation On Student Learning Independence,” vol. 2663.
B. Steinmann, S. K. Ötting, and G. W. Maier, “Need for Affiliation as a Motivational Add-On for Leadership Behaviors and Managerial Success,” vol. 7, no. December, pp. 1–18, 2016, doi: 10.3389/fpsyg.2016.01972.
T. J. Lee, D. J. Campbell, S. Patel, A. Hossain, N. Radfar, and E. Siddiqui, “Unlocking Health Literacy : The Ultimate Guide to Hypertension Education from ChatGPT vs . Google Gemini,” pp. 2–7, doi: 10.7759/cureus.Unlocking.
M. Rizki, F. Rafael, R. Irawan, C. Huda, and Y. Mahardika, “Tantangan Teknologi Artificial Intelligence pada Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa,” vol. 2, no. 1, pp. 379–384, 2024.
J. Crawford et al., “Studies in Higher Education When artificial intelligence substitutes humans in higher education : the cost of loneliness , student success , and retention,” Stud. High. Educ., pp. 1–15, 2024, doi: 10.1080/03075079.2024.2326956.
T. Heri, “Meningkatkan motivasi minat belajar siswa,” vol. 15, no. 1, pp. 59–79, 2019.
R. Suryadi, “The Analysis Of Students ’ Learning Behavior In,” vol. 02, no. 01, pp. 22–27, 2020.
W. Nuryono, “Jurnal Inspirasi Pendidikan Selama Pandemi Covid-19 : A Structural Equation Model,” vol. 12, no. 1, pp. 40–47, 2022.
D. Agustiah, “Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa,” vol. 4, no. 2, pp. 181–190, 2020, doi: 10.29240/JBK.V4I2.1935.
A. Bandura, “Bandura 1977.pdf.”
H. Jiang, A. Y. M. A. Islam, X. Gu, J. M. Spector, and S. Chen, “Technology-Enabled E-Learning Platforms in Chinese Higher Education During the Pandemic Age of COVID-19,” SAGE Open, vol. 12, no. 2, 2022, doi: 10.1177/21582440221095085.
Asrulla, Risnita, M. S. Jailani, and F. Jeka, “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 26320–26332, 2023.
Y. A. Muskar and Y. S. Rosyad, “Validitas Dan Reliabilitas Depression Anxiety Stress Scale For Youth (DASS-Y) Versi Bahasa Indonesia,” Inf. dan Promosi Kesehat., vol. 3, no. 1, pp. 23–29, 2024, doi: 10.58439/ipk.v3i1.215.
R. Agustiningsih, A. Dardiri, and S. P. Suardiman, “Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak di Era Digital,” vol. 13, no. 2, pp. 239–249, 2024.
M. Sinaga, “Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan E-ISSN: xxxx-xxxx Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika The Role and Challenges of Using AI (Artificial Intelligence) in Mathematics Learning,” no. 1, p. 2024, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/hm.
Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.