PENGELOMPOKAN SISWA BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN SISWA DALAM BELAJAR MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING K-MEANS
Abstract
Pengelompokan siswa berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar bertujuan untuk membantu dan mempermudah pada proses pengelolaan data siswa. Pada penelitian ini faktor-faktor yang digunakan adalah pendidikan orang tua, penghasilan orang tua, jenis tinggal, jarak tempat tinggal, alat transportasi ke sekolah , sikap siswa, minat serta nilai rata-rata siswa sebagai alat bantu dalam menentukan kategori keberhasilan siswa. Data Mining merupakan pengolahan data berbasis komputer untuk mendapatkan suatu Knowledge. Dalam pengelompokan data siswa salah satu metode Data Mining yang digunakan adalah metode Clustering dengan algoritma K-Means. Aplikasi RapidMiner digunakan untuk membantu dalam pengolahan data yang mampu memberikan informasi bagi guru BK dan pihak sekolah dalam pemahaman data siswa.