EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PRAKERIN SMK NEGERI KOTA PADANG
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh belum efektifnya pelaksanaan program Praktek Kerja Industri (Prakerin) SMK Negeri Di Kota Padang. Hal ini diindikasikan oleh berbagai permasalahan dalam pelaksanaannya. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk menilai program Prakerin SMK Negeri Di Kota Padang, apakah program yang telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan program yang ditetapkan. Evaluasi ini menggunakan model evaluasi CIPP+O (Context, Input, Process, Product, dan Outcome) dengan metode penelitian kombinasi memakai desain Concrurrent Embedded. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Di Kota Padang dengan data kualitatif dengan mewawancarai 18 orang informan yang terdiri dari seorang ketua panitia Prakerin, seorang bendahara Prakerin,dan satu orang sekretaris lima orang ketua program kompetensi keahlian, lima orang guru pembimbing dan lima orang instruktur dari dunia usaha/industri. Hasil penilitian mengungkapkan masing-masing komponen program Prakerin SMK Negeri Di Kota Padang yang di evaluasi, yaitu komponen konteks dengan kategori cukup, komponen input dengan kategori baik, komponen proses dengan kategori baik, komponen produk dengan kategori baik, dan komponen outcome dengan kategori baik