MINI SERVER LENTERA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DIGITAL DI DAERAH 3T

  • Ganefri Ganefri Universitas Negeri Padang
  • Bayu Ramadhani Fajri Universitas Negeri Padang
  • Fadhli Ranuharja Universitas Negeri Padang
  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang
  • Rahmat Fadillah Universitas Negeri Padang
  • Firdaus Firdaus Universitas Negeri Padang
Keywords: mini server, remote areas, pembelajaran digital

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk merancang mini server dengan konten pembelajaran digital untuk sebagai media pembelajaran alternatif bagi guru dan siswa sekolah menengah daerah 3T di wilayah Sumatera Barat. Konten pada mini server ini dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran digital tidak hanya di daerah 3T saja, namun juga dapat digunakan di daerah perkotaan karena alat ini menawarkan akses yang fleksibel tanpa jaringan internet. Latarbelakang inovasi ini adalah ketidaksesuaian antara tuntutan pemerintah yang menginginkan implementasi pembelajaran digital dan online dan implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Namun di sisi lain, sekolah melarang siswa membawa gadget ke sekolah karena khawatir siswa akan mengakses situs dan konten negatif yang tidak relevan dengan pembelajaran. Materi pembelajaran yang disajikan dalam perangkat ini adalah dalam bentuk video, audio, dan berbagai konten yang dikompilasi di situs offline sehingga siswa dapat mengakses menggunakan gadget atau komputer pribadi (PC) tanpa memerlukan koneksi internet. Perancangan sistem pada perangkat ini menggunakan 2 jenis pendekatan, yaitu desain jaringan untuk mini server dan desain sistem pemodelan Unified Modeling Language (UML) untuk sistem yang bekerja pada perangkat sebagai mini server.

References

Fajri, Bayu Ramadhani. "INTERACTIVE MEDIA INTRODUCTION TO MOTION DANCE AND VISUAL MEANING OF TOPENG MALANGAN." (2019)..

Ganefri, Ganefri, et al. "PERANGKAT PEMBELAJARAN PEDAGOGI ENTREPRENEURSHIP DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUK DI PENDIDIKAN VOKASI." PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL. Vol. 1. No. 1. 2018.

Ranuharja, Fadhli, Oktoria Oktoria, and Nurindah Dwiyani. "Perancangan Sistem Informasi Jasa Penjualan Barang Berbasis Web Untuk Civitas Akademika Perguruan Tinggi di Kota Padang." Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika 2, no. 2 (2018)..

Scott, Chyntia L. "The Futures of Learning 1: Why must learning content and methods change in the 21st century." Education, research and foresight working papers, available online at http://unesdoc. unesco. org/images/0023/002348 E 234807 (2015).

Smaldino, Sharon E., et al. "Instructional technology and media for learning." (2008).

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, and James D. Russell. Instructional technology & media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Prenada Media, 2014.

Trilling, Bernie, and Charles Fadel. 21st Century Skills.: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons, 2009..

Zubaidah, Siti. "Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran." Seminar Nasiendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad. Vol. 21. No. 10. 2016.

Published
2019-12-19
How to Cite
[1]
G. Ganefri, B. Fajri, F. Ranuharja, F. Prasetya, R. Fadillah, and F. Firdaus, “MINI SERVER LENTERA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DIGITAL DI DAERAH 3T”, JTIP, vol. 12, no. 2, pp. 77-82, Dec. 2019.
Abstract viewed = 998 times
PDF downloaded = 830 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>